top of page

Tips cara membuat Chart of Accounts (CoA) yang mudah dipahami!

Apa itu Chart of Accounts atau Akun Buku Besar?


Chart of Account di software ERP InfiniteERP
Chart of Account di software ERP InfiniteERP

Chart of Accounts adalah daftar kode Akun Buku Besar (General Ledger atau GL Accounts) yang membentuk laporan keuangan Anda (khususnya, Laporan Laba Rugi dan Neraca).


Kode akun akuntansi atau Chart of Account (CoA) adalah sebuah daftar dari akun-akun perusahaan yang digunakan untuk mengidentifikasi ataupun memperlancar proses pencatatan transaksi, baik itu pemasukan maupun pengeluaran.


Nantinya seluruh pencatatan transaksi tersebut akan direkap ke dalam jurnal umum.

Setiap perusahaan bisa mengatur bagan akunnya sendiri sesuai dengan yang diinginkan.


Dengan adanya Chart of Account, sebuah perusahaan dapat mengatur atau mengubah sendiri alur dan tatanan bagan akunting (sistem akuntansi perusahaan).


Bagan akun selalu ditandai dengan simbol numerik sebagai penanda ada perbedaan di setiap jenisnya.


Umumnya, fungsi metode pembuatan Chart of Account (CoA) adalah untuk menampilkan catatan laporan keuangan perusahaan, mulai dari laporan neraca keuangan perusahaan, hingga laporan laba rugi.


Kemudian, bisa dilanjutkan dengan akun-akun lainnya, seperti modal (ekuitas), biaya atau pengeluaran dan kewajiban atau hutang.


Manfaat dari metode pembuatan Chart of Account (CoA) adalah:

  • Catatan-catatan atau data yang ada lebih mudah dikontrol, dibandingkan, dan dianalisis dengan tepat yang dapat digunakan oleh pengguna yang bersangkutan dalam mengambil keputusan.

  • Memudahkan dalam memperbaiki data-data atau catatan-catatan yang mengalami perubahan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna atau terjadinya transaksi tambahan.

  • Mempermudah dalam pemrosesan hasil-hasil catatan atau data yang telah diperoleh dan pemrosesan tersebut akan lebih terkontrol dengan baik.

  • Memudahkan dalam menyusun sebuah laporan .

  • Memudahkan dalam membaca laporan sehingga pihak yang berkaitan dapat mengambil keputusan dengan mudah dan tepat.

  • Metode pembuatan Chart of Account biasanya lebih mudah dibuat menggunakan software akuntansi karena lebih praktis, cepat, dan akurat.

Salah satu software ERP maupun software Akuntansi di Indonesia adalah software InfiniteERP yang memberikan anda keleluasaan tak terbatas untuk merubah, menambah dan mengatur akun-akun di Chart of Accounts secara mudah dan menyenangkan.


Chart of Accounts Anda dapat membuat atau merusak laporan keuangan Anda.

Jika diatur dengan buruk, maka hal-hal berikut mungkin akan terjadi...

  1. Membingungkan pembaca

  2. Tidak memberikan gambaran yang akurat tentang apa yang terjadi

  3. Membuat sulit untuk mendapatkan wawasan


Berikut beberapa tips untuk menghindari kesalahan-kesalahan ini:


➡️ Pahami SIAPA pembaca laporan keuangan


Sebelum kita dapat menentukan bagaimana laporan keuangan kita akan terlihat, kita harus memahami siapa yang mengonsumsi data ini.

Tugas Anda adalah membuat data ini mudah dikonsumsi dan dipahami oleh audiens atau pembaca!


➡️ Terapkan keseimbangan antara DETAIL dan SUMMARY


Pembaca laporan keuangan seharusnya dapat memahami apa yang terjadi dengan bisnis, dengan tingkat detail yang pas...


tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu sedikit.


Hindari penggunaan akun yang dapat digabungkan menjadi satu sementara masih mempertahankan signifikansinya yang sama dan hindari penggunaan akun yang terlalu umum yang memerlukan komentar lebih lanjut untuk dipahami oleh pembaca.


➡️ Sertakan SECTIONS atau BAGIAN


Laporan keuangan Anda harus memiliki urutan yang benar di mana pembaca dapat memahami akun-akun kunci dan bagaimana mereka saling berhubungan.


Menggabungkan akun-akun ke dalam bagian dapat membantu meningkatkan keterbacaan, memungkinkan audiens memahami apa yang terjadi lebih cepat


➡️ Gunakan PENOMORAN


Sebagian besar Perangkat Lunak Akuntansi akan mengurutkan chart of accounts Anda secara alfabetis secara default.


Ini mungkin tidak menyebabkan masalah besar, tetapi dapat menjadi sulit untuk mengorganisasi ketika chart of accounts Anda berkembang.


Penambahan penomoran membantu Anda menjaga fleksibilitas yang lebih besar dalam penyusunan Anda, dan jika diatur dengan benar, dapat membantu pembaca menemukan pola dalam cara beberapa akun diberi nomor


➡️ Buatlah DEPARTMENTAL TRACKING


Sangat berguna untuk memahami DIMANA anda telah menghabiskan uang..

Memahami SIAPA yang menghabiskan uang tersebut...

Begitulah Departmental Tracking berperan.


Anda memiliki 2 pilihan:

1️⃣ Manfaatkan "class" untuk setiap transaksi

2️⃣ Tambahkan setiap departemen sebagai bagian baru dalam Chart of Accounts Anda


Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kode Chart of Accounts adalah sebagai berikut:


  • Nomor harus unik (artinya setiap nomer hanya digunakan untuk satu akun perkiraan saja)

  • Akun perkiraan dimasukkan kedalam kelompok atau sub kelompok.

    • Contohnya kas, piutang dan peralatan dimasukkan ke dalam aktiva lancar.

  • Perkiraan yang berkaitan hendaknya disusun secara berurutan.

    • Contohnya: piutang dagang dengan piutang lain-lain.

  • Penomoran diusahakan tidak terlalu ketat, alasanya akan memudahkan jika terjadi penambahan sejumlah akun baru.

    • Contohnya :

      • kelompok beban diberi nomor 600.

      • 605 beban angkutan.

      • 610 beban lainnya.

      • Jika terjadi penambahan dapat disisipkan antara 605 -610.

  • Nama akun rekening sebaiknya singkat dan jelas.

    • Contohnya: Beban perjalanan dinas lebih baik daripada beban perjalanan ke luar kota bagi direksi.

Itu adalah beberapa saran kami untuk menjaga Chart of Accounts Anda tetap sehat dan bersih.


Nantikan artikel lain berikutnya yang sedang dipersiapkan:


Apa Anda ingin tambahkan lagi? Silahkan komentar dan beri kami pendapat lebih baik lagi.

940 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page